Korban Tewas Gempa Lombok 10 Orang

gempa lombok

topmetro.news – Korban tewas pasca-Gempa Lombok mencapai 10 orang, di antaranya terdapat warga negara asing. Sementara itu sedikitnya 40 terluka dan puluhan bangunan dan rumah rusak.

Demikian informasi terkini yang diperoleh dari Badan Nasional Penanggulangah Bencana (BNPB), Minggu (29/7/2018).

Disebutkan juga, hingga saat ini, gempa susulan dengan intensitas lebih kecil masih terus terjadi. Yang terkuat adalah 5,7 SR, semantara gempa pertama mencapai 6,4 SR.

Dilaporkan, ada beberapa bangunan roboh, terutama di pusat gempa, meliputi Kecamatan Sambelia dan Kecamatan Sembalun di Kabupaten Lombok Timur dan Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara.

Dampak gempa juga menimbukan longsor di Gunung Rinjani. Akibatnya, jalur pendakian ke gunung tersebut telah ditutup.

korban gempa lombok

Timbulkan Kepanikan

Sebagaimana diketahui, gempa berkekuatan 6,4 SR dengan kedalaman 10 km mengguncang Lombok Timur dan merusak beberapa bangunan. BMKG telah melaporkan kejadian gempa dengan kekuatan 6,4 SR pada Hari Minggu (29/7/2018) pukul 05.47 WIB.

Pusat Gempa Lombok dilaporkan berada di 28 km barat laut Lombok Timur, 32 km timur laut Lombok Utara, 57 km timur laut Lombok Tengah, dan 61 km timur laut Mataram NTB.

Gempa disebutkan tidak berpotensi tsunami. Saat ini masih berlangsung beberapa gempa susulan dengan intensitas gempa yang lebih kecil. Posko BNPB telah berkoordinasi dengan BPBD dan instansi lain untuk mengetahui dampak gempa dan penanganannya.

Selain korban jiwa, data kerusakan yang dilaporkan adalah, di Kabupaten Lombok Timur ada laporan kerusakan di Kecamatan Sambelia dan Kecamatan Sembalun. Kabupaten Lombok Utara ada laporan kerusakan di Kecamatan Bayan. Kabupaten Sumbawa barat dilaporkan satu unit rumah roboh di Desa Tepas Sepakat Kecamatan Brang Rea.

Untuk Lombok Timur, gempa dirasakan kuat sekali selama kurang lebih 10 detik. Warga setempat pun sempat panik dan keluar dari rumah. Demikian juga di Kabupaten Lombok Utara, gempa dirasakan cukup kuat dan menimbulkan kepanikan. Di Kota Mataram juga gempa dirasakan sangat kuat selama 10 detik. Waraga setempat juga panik dan keluar dari rumah.

suasana gempa lombok

Gempa Dangkal

Diinformasikan juga, selain berkedalaman dangkal, yaitu 10 km, Gempa Lombok disebabkan oleh deformasi batuan dengan pergerakan naik (thrust fault). Tercatat gempa pertama mencapai 6.4 SR. Lalu gempa susulan terbesar tercapat mencapai 5.5 SR dan 5.0 SR dan semuanya tidak berpotensi tsunami. (TM-RAJA)

Related posts

Leave a Comment